Mudik Gratis, Kemenhub Bayar Tiket 85 Penumpang di Kolonodale

0
354

MORUT- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memfasilitasi mudik gratis dari Pelabuhan Kolonodale menuju Pelabuhan Seliti di Bungku Utara, Morowali Utara menggunakan kapal kayu KM. Buana Raya III.

Kepala kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III Kolonodale Hotman Tua Pangaribuan melepas secara langsung pemberangkatan penumpang mudik gratis tersebut di Pelabuhan kelas III Kolonodale Kamis malam, (4/4/2024). Kapal itu mengangkut 85 orang penumpang, mudik gratis itu untuk mendukung dan mengantisipasi lonjakan pemudik pada periode mudik Lebaran 2024.

Hotman menyampaikan kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi adanya lonjakan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri termasuk pada moda transportasi laut yang memerlukan penanganan khusus agar perjalanan mudik lebaran dapat tetap berjalan dengan aman, nyaman dan selamat.

Lebih jauh ia mengatakan, tidak ada tarif yang dikenakan untuk penumpang alias gratis, seluruh tiket penumpang sebanyak 85 orang di tanggung pemerintah, masing-masing tiketnya Rp75 ribu setiap orang. “85 orang dikalikan Rp75 ribu, itulah biaya yang kami gratiskan,” sebutnya.

Sepanjang arus mudik hingga H-5 menjelang Lebaran, lonjakan penumpang di pelabuhan Kolonodale cukup signifikan, itu terlihat dari data penumpang yang memilih mudik melalui jalur laut mengalami kenaikan, dari hari-hari biasanya itu meningkat 20 persen.

“Sejauh ini aman (melalui jalur laut), karena sudah di lengkapi dengan alat-alat keselamatan, cuaca lagi bersahabat. Pelabuhan Kolonodale buka setiap hari, buka juga (saat lebaran),” jelasnya.

Kapten KM Buana Raya III Mukramin mendukung sepenuhnya program mudik gratis tersebut, kapasitas penumpang kapal yang ia nakhodai tersebut sesuai dengan jumlah penumpang yang berkesempatan mudik gratis sebanyak 85 orang.

Dibutuhkan waktu 5 jam menempuh perjalanan dari Pelabuhan Kolonodale menuju seliti dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 200 liter, kapalnya sendiri dibekali mesin 8 silinder disertai mesin cadangan 2 unit yang masing-masing berkekuatan 4 silinder. Kapal tersebut dapat melaju 10 knot pada siang hari, kemudian 8 knot pada malam hari. VAN

LEAVE A REPLY