Trans Sulawesi Kayulangi Ditutup, Polres Morut Siapkan Jalur Alternatif Mudik

0
329

MORUT- Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Morowali Utara memastikan sejumlah sarana dan prasarana (sarpras) di jalan trans Sulawesi siap digunakan sebagai jalur mudik dan balik Lebaran.

Kasat Lantas Polres Morut melalui KBO IPTU Deni Robert mengatakan Satlantas telah mengecek sarpras jalan trans Sulawesi di sejumlah titik. Pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan jalur mudik dan balik Lebaran. Menurutnya terdapat sejumlah titik yang patut di waspadai pemudik lantaran rusak berlubang.

“Memang kami menemukan sejumlah jalan raya di titik-titik tertentu yang rusak atau berlubang, hal ini patut di waspadai pemudik,” ujarnya Kamis (4/4/2024).

Ia menyebutkan ruas jalan yang rusak itu berada di poros Beteleme-Tomata dan Beteleme-Nuha Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas, pihak Satlantas telah memasang rambu-rambu di titik jalan rusak tersebut agar pengguna jalan lebih berhati-hati melaluinya.

Selain itu, Polres juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, Dinas Perhubungan Kabupaten, BPBD dan pihak terkait lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan mudik lebaran dan sebaliknya yang aman dan lancar. “Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD karena memang ada ruas jalan yang rawan longsor,” jelasnya.

Selanjutnya kata dia, Polres Morut juga telah meninjau ruas jalan Beteleme-Nuha yang menghubungkan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, yang mana jalur tersebut akan disiapkan sebagai jalur alternatif mudik, mengingat jalur trans Sulawesi di Kayulangi akan di buka tutup.

“Kami tidak tau pasti soal penutupan jalan di Kayulangi, namun yang pasti kami telah menyiapkan jalur alternatif misalnya dari Kota Palu, Poso dan sekitarnya yang akan menuju Sulawesi Selatan dapat melintasi ruas Beteleme-Nuha,” tukasnya. VAN

LEAVE A REPLY