Pemkab Morut Alokasikan Rp42 Miliar Bangun Kota Kolonodale

0
348

KOLONODALE- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp42 Miliar untuk meningkatkan pembangunan Ibukota Kolonodale yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi beberapa waktu lalu kepada Media, pembangunan itu menindaklanjuti program penataan ruang dan desain Ibukota tahun lalu. “Jadi sudah selesai, sudah finalisasi dan semua tahapan sosialisasi dan diskusi dengan tokoh masyarakat sudah selesai dilakukan oleh tim yang mengerjakan ini,” ujarnya.

Sehingga tahun 2023 ini, Bupati mengatakan hal-hal prioritas dari program dan desain tersebut akan segera dilaksanakan seperti pembangunan dan peningkatan kualitas jalan-jalan, infrastruktur pendukung lainnya termasuk pembangunan islamic center.

“Tahun ini kita mengalokasikan kurang lebih data dari PU Rp42 Miliar khusus Ibukota Kolonodale, tentunya nanti ini berdasarkan skala prioritas” ujarnya.

Dalam rencana tata ruang dan desain tersebut, akan di bangun alun-alun kota di tanggul Kolonodale yang dibangun secara berkesinambungan melalui proyek Multiyears. Tahun ini Pemkab akan melakukan penimbunan lokasi alun-alun tersebut. “Saya tidak tau secara spesifik, tapi kalau Islamic Center tersebut anggarannya kurang lebih Rp10 Miliar,” jelasnya.

Bupati menambahkan untuk proyek penyelesaian pembangunan tersebut akan kembali dianggarkan melalui Anggaran Belanja Tambahan (ABT) APBD ataupun melalui APBD tahun 2024 mendatang. VAN

 

LEAVE A REPLY