Personil Polres Morut Jalani Rikkes Berkala Tim Biddokkes Polda Sulteng

0
136

KOROWOU- Pemeriksaan kesehatan (rikkes) berkala anggota Polri di Jajaran Polda Sulteng T.A 2023. Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulteng menerjunkan timnya untuk mengecek kondisi kesehatan personel Polres Morowali Utara.

Kegiatan Rikkes berkala merupakan Program Biddokkes Polri dari tingkat (Mabes), Polda, Polres dan Polsek, hal ini bagian dari pada pembinaan dan perawatan SDM Polri dibidang Kesehatan Personil.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai dari hari Rabu tanggal 22 Februari 2023 hingga Kamis tanggal 23 Februari 2023. Tim dipimpin oleh Iptu Gede Ariyadi, Amd,kep, SKM, MH.

Kegiatan rikkes tersebut dimulai pada pukul 08.00 Wita bertempat di Aula Polres Morowali Utara Dalam melaksanakan tugasnya, tim dari Polda bekerja sama dengan Laboratorium Maxima Palu dan didampingi oleh Personel Baurkes Polres Morowali Utara.

Sebanyak 135 personel Polri diperiksa pada rikkes tahun 2023 ini. 135 personel tersebut diantaranya 125 personel Polres Morowali Utara dan 10 personel Brimob.

Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya. Program rikkes ini merupakan bentuk perawatan kesehatan terhadap personel Polri dan Rikkes berkala ini juga menjadi salah satu dari 13 aspek komponen penilaian kinerja Personil Polri dikelolah oleh SDM Polri terang Wakapolres Morowali Utara Kompol ALFIAN JOAN KOMALING, S.H., M.Pd. saat meninjau langsung pelaksanaan rikkes.

Dari informasi yang didapatkan dari Ps.Kasidokkes Polres Morowali Utara Aipda Guntoro Eko Saputro, SKM bahwa Rikkes yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan luar dan dalam tubuh. Adapun tahapan dalam pemeriksaan kesehatan tersebut diawali dengan registrasi, Pemeriksaan Darah, Pemeriksaan Rontgen, Pemeriksaan Fisik, Pemeriksaan jantung (EKG), Pemeriksaan treadmill bagi personil yang berumur di atas 41 tahun, Pemeriksaan Urine serta kesehatan Jiwa (Keswa) ” katanya.

Kapolres Morowali Utara yang diwakili oleh Wakapolres Morowali Utara kembali menyampaikan, bahwa rikkes berkala ini sebagai upaya untuk memastikan kondisi tubuh personel Polres Morowali Utara tetap sehat dan prima. Mereka harus siap fisik dan mental dalam rangka melaksanakan tugas pelayanan, Serta rikkes berkala menjadi salah satu dari 13 aspek komponen penilaian Personel Polri.

“Kegiatan ini pula nantinya juga akan digunakan sebagai persyaratan pada personel yang akan mengikuti tes pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Persiapan Pendidikan dan Pengembangan (Dikbang) personel, dan anggota Polres dan Polsek jajaran yang akan diusulkan kenaikan pangkat (KNP)” tutur Waka. **

LEAVE A REPLY