KPU Morowali Utara Sudah 80 Persen Verifikasi Faktual Parpol

0
247

KOLONODALE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali Utara hampir rampung melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik (parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024.

Ketua KPU Yusri Ibrahim turun langsung melakukan Verifikasi Faktual Parpol calon peserta Pemilu dilapangan seperti yang terpantau Media ini Kamis (27/10/2022), Ketua dan sejumlah staf KPU mendatangi Kantor Sekertariat Partai Perindo untuk melakukan verifikasi keabsahan anggota Partai tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam PKPU 4 tahun 2022 psl 90 bahwa jika team verifikator tidak dapat menemukan anggota partai politik sesuai alamatnya, maka dapat dilakukan dengan berkoordiasi kepada LO atau pengurus partai untuk mengjadirkan pada kantor sekretariat.

Menindaklanjuti Verikasi Faktual yang sudah dilakukan sebelumnya terhadap Partai Perindo, tercatat masih terdapat tiga orang anggota partai yang ada di Kecamatan Petasia belum terverifikasi. “Jadi hari ini kami datang kesini untuk melakukan Verifikasi, menemui langsung orangnya, mencocokkan KTP dan Kartu Anggota mereka dengan data yang sebelumnya sudah di daftarkan ke KPU,” ujarnya.

Ia mengemukakan, pada kegiatan verifikasi faktual itu KPU Morowali Utara melakukan pencocokan data yang telah diunggah Parpol ke aplikasi Sipol dengan data yang ada di lapangan. Sebelumnya KPU telah melakukan verifikasi faktual, terhadap keberadaan kantor sekretariat Parpol hingga pengurus Parpol meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara.

Saat ini, kata Yusri, pihaknya sudah melakukan Verifikasi faktual hampir seluruh Parpol yang mendaftar menjadi peserta Pemilu, tersisah 20 persennya yang belum dan masih menjalin komunikasi untuk menuntaskan proses verifikasi dengan melakukan koordinasi kepada pengurus partai agar dapat menghadirkan anggota partai yang belum dapat ditemui saat verifikasi.

“Sekarang sudah mencapai 80 persen, kami terbagi 5 Zona Verifikasi faktual, masing-masing Komisioner KPU ditugaskan yang terbagi di sepuluh Kecamatan Kabupaten Morowali Utara dan saya di Wilayah Kecamatan Petasia dan Soyojaya,” sebutnya.

Kegiatan verifikasi faktual sesuai jadwal berakhir pada 4 November 2022 di tingkat kabupaten. VAN

LEAVE A REPLY