Telan Anggaran Rp21 Miliar, Pasar Baru Kolonodale Segera Difungsikan

0
335

 

KOLONODALE- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara (Morut) memastikan dalam waktu dekat akan merelokasi pasar Kota Kolonodale, Kecamatan Petasia ke bangunan baru dan tidak jauh dari lokasi pasar alternatif saat ini.

Kepala Dinas perindagkop (Disperindagkop) Morut, Patta Toba mengatakan Jumat pagi (20/5/2022), dalam waktu dekat pasar baru akan segera difungsikan.

Sementara pasar yang ditempati sekarang ini akan dibongkar yang lahannya merupakan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 1311 Morowali.

“Pasar baru akan segera difungsikan, tahun ini (2022) pedagang sudah menempati pasar yang baru dibangun ini. Saat ini kami sedang membagi lapak kepada para pedagang” ujarnya, diruang kerjanya.

Proses pemindahan para pedagang dari pasar alternatif tersebut ke pasar baru Kolonodale sudah berlangsung sejak Selasa (17/5/2022). “Selasa itu kita sosialisasi kepada pedagang yang akan menempati petaknya,” ujarnya.

Pembagian tempat jualan pedagang tersebut terbagi dalam tingkatan berbeda dan mempertimbangkan jenis barang yang akan dijual. Hal tersebut dilakukan untuk menertibkan para pedagang agar tidak semrawut dan dimaksudkan agar pasar tersebut terlihat tertata rapi.

“Jadi kita klasterisasi itu, ada yang menempati misalnya petak impres, terus ada yang menempati petak APBD, ada yang menempati petak APBN. Kemudian kita tata lagi, ada yang menempati lapak khusus penjualan pakaian, lapak khusus barang campuran, dan lain-lain,” tuturnya.

Setelah dilakukan sosialisasi dan klaterisasi, pihak Disperindagkop kemudian mengumpulkan para pedagang lalu mengundi setiap lapak yang akan ditempati sehingga pembagian lokasi lapak tersebut lebih adil dan merata.

“Setelah semuanya sudah siap, maka para pedagang akan segera pindah. Kurang lebih 300 pedagang yang telah terdaftar, sebagian sudah melalui pengundian, sebagian sementara berlangsung dan sebagiannya lagi baru akan diundi,” jelasnya.

Ia menambahkan sejak dibangun tahun 2017 yang lalu, pasar Kolonodale telah menelan biayai kurang lebih Rp21 Miliar. Anggaran pembangunan pasar Kolonodale tersebut bersumber dari APBN dan APBD. VAN

LEAVE A REPLY